Lotus Birth??
Jadi, sebagai reminder buat saya, ini tulisan dibuat.
haha gaya banget ya kayak apaan aja. Udah ah, mari kita mulai ceritanya.
Bermula dari chat FB yang masuk pas saya online sebentar via lappy tadi pagi. Sapaan datang dari si tante yang DSOG membahas shared link yang ada di halaman Facebook saya. Ada beberapa links yang saya posting disana, semua saya dapat dari akun Bidan Kita di FB. Salah satu link membahas tentang penundaan pemotongan tali pusar bagi bayi. Si tante mendadak bilang kalo menurut jurnal medis nomer 1, penundaan pemotongan itu beresiko pendarahan bagi ibu dan Polisitemia bagi bayi. Makanya beliau kurang menyetujui keputusan saya ini. Tapi memang dari awal tidak ada paksaan sih, beliau cuma memberi info, keputusan ada ditangan saya.
Galaupun dimulai..
apa itu Polisitemia? yang akrab dikuping saya cuma kata Polisi disana. Hehe. Kemudian dari hasil gugling lah saya tau kalo Polisitemia adalah sejenis penyakit yang merupakan lawan dari Anemia. Kalo Anemia itu kekurangan sel darah merah, nah kebalikannya, Polisitemia itu kelebihan sel darah merah. Jelasnya bisa dibaca di sini.
Dari situ saya mulai kebingungan. Saya harus tanya siapa. Ingin saya sih tanya sama ahlinya yang memang bisa memberikan jawaban secara objektif ya. Supaya saya benar2 tau yang terbaik yang mana untuk saya dan baby T. Masalahnya, tidak satupun ahli yang saya kenal (nasib KuPer). Niat hati tanya pak dokter Adi via Twitter, tapi nampaknya beliau sedang sibuk berhubung menuntut ilmu di negeri orang, jadi mensyen saya tak dibalas. Hahaha sok ngetop ah saya sampe mensyennya kudu dibales si dokter.
Tapi berawal dari mensyen saya itu, kemudian mbak Hera (@mrs_erw) kemudian menyapa. Via DM pun langsung saya keluarin uneg2 saya. Karena sesama pejuang GB, saya yakin mbak Hera pasti punya ilmu yang lebih dari saya berhubung beliau lebih senior UK nya + lebih aktif dari saya kalo di forum GBUS (wajar..saya cuma silent reader, kekekek). Dari mbak Hera lah, saya tau perbandingannya secara pasti. Awalnya sebelum DM2an sama mbak Hera, saya sempet baca jurnal seorang dokter mengenai penundaan pengkleman ini. Disitupun dibahas keuntungan penundaan beberapa menit setelah kelahiran. Hanya saja saya belum bisa memahami betul perbandingan antara penundaan sementara atau tidak sama sekali diklem (lotus birth).
Menurut mbak Hera, berdasarkan penjelasan DSOG nya yang insya Alloh bakal mendampingi mbak Hera selama Waterbirth nanti, baiknya penundaan dilakukan selama 1-3 menit saja. Setelahnya, pengkleman dilakukan. Lotus birth sebenarnya sudah tidak diperlukan lagi begitu supply darah sudah masuk kedalam tubuh Bayi. Tinggal masalah keyakinan masing2 saja untuk mempertahankan plasenta tetap 'nyambung' ketubuh bayi atau tidak.
Ditambah dukungan dari mbak Yanda (@yanceuu) , insya Alloh saya yakin deh ngelakuin penundaan pengkleman tali pusar. Kalo untuk Lotus, sepertinya batal. Ya sudah, ga apa. Semoga keputusan ini terbaik buat baby T.
GImana? saya plin plan ya? alay ya? ga konsisten ya? dikit2 galau? hehe..
ga apa..mending saya plin plan sekarang, alay sekarang, g konsisten sekarang, galau sekarang, dari pada nanti tepat saat saya ngelahirin baby T. Kan ga lucu begitu lahir trus ditanya bidan maunya gimana, saya malah kebingungan sendiri.
Yang pasti, dari sini saya pun belajar. Proses jadi orang tua itu belajar kan. Sampe matipun kita tetep belajar jadi orang tua. Belajar untuk bisa kasih yang terbaik buat anak2 kita kelak. Jadi g masalah lah dicap lebay alay plin plan dsb selama saya bisa kasih yang terbaik buat anak2 saya.
Dari postingan ini, saya ga bilang lotus birth bkan cara yang baik. Lotus birth tetap salah satu cara mempersembahkan kelahiran yang paling alami bagi para malaikat kecil itu. Tinggal pilihan setiap orang tua masing-masing untuk memberikan yang terbaik bagi mereka.
Saya yakin, keputusan hari ini adalah jawaban dari doa saya selama ini sama Alloh. Saya mengharapkan bisa memberikan yang terbaik bagi anak saya, bagi baby T. Terbaik menurut saya belum tentu terbaik bagi baby T ataupun menurut Alloh. Dan ternyata melalui tante Intan, mbak Hera, mbak Yanda, saya jadi yakin sama keputusan saya. Mungkin memang harus begini jalannya. Yaya..doakan saja ya. Semoga semua sesuai rencana. Ah, terserah lah kata Alloh bagaimana. Semoga saya sehat, baby T sehat, dan segala prosesnya berjalan lancar.
Sekali lagi makasih buat Bidan Kita, Tante Intan, Mbak Hera, dan Mbak Yanda..
*kecups satu2*
oh ya, gimana kabar si mas??
hahaha..dia mah ikut aja. DIpotong ya ayuh, Lotus Birth ya ayuh.
hehehe.
marii..saya mo makan dlu, ga kuat bau ikan asin + sambal buatan si mbak *endus2*
wassalam..
^____^
Komentar