Parakan, Temanggung
Ngelanjutin cerita mudik dipostingan sebelumnya, walo iya udah bisa dibilang telat banget karena lebarannya udah 2 minggu lebih yang lalu ya. Tapi g apa lah. Itung2 buat catatan pribadi, biar bisa jadi pengingat pas tua nanti, pas mungkin udah susah yang namanya kumpul keluarga bareng, atau pas lagi kangen kumpul2 sama keluarga besar.
Nah kali ini mau cerita tentang lebaran hari kedua yang mana jadi jadwal lebaran bareng keluarga besar. Keluarga besar ini datang dari mbah putri saya pihak si mama. Jadi kumpulnya ya keluarga adek beradik nenek saya, keluarga besar Soemarno.
Dari adek beradek ini, tinggal 2 nenek2 yang bersaudara kandung. Nenek kandung sayapun sudah meninggal, seminggu setelah ayah saya meninggal. Tapi karena dari awal hubungan saudaranya deket banget, kami masih sering ngumpul.
Parakan - Purwokerto itu g jauh banget koq..pol2nya 3 jam..Begitu juga Yogya - Parakan. karena itulah Parakan jadi basecamp pertemuan keluarga Yogya dan Purwokerto. Ada acara dikit, kumpulnya di Parakan. Sering banget dech kita ke Parakan PP cuma buat ikutan makan2 Ultah si om Yogya yang diadain di Parakan. Jadi kelar makan2, langsung balik pulang Purwokerto lagi. He..udah kayak satu kota aja saking seringnya ke tempat mbah di Parakan.
Nah, Parakan itu desa nenek2 kami..nenek moyang lah. Jadi nenek2 kita itu rumahnya sederet, pinggir jalan lintas kota. Nenek yang masih di Parakan itu Mbah In, adeknya Mbah Sum, nenek saya. Mbah In ga punya anak, makanya beliau seneng banget kalo lebaran atau ada apa2, kita ngumpulnya disana. Rumahnya jadi rame.
Sekilas tentang Parakan (sekilas sampe 4 paragraf aja ya~~ )
Gimana mudik kemaren?
Nah jadi malam hari H lebaran kan kita (saya si mas dan Qeela) baru nyampe Purwokerto, paginya jam 9, keluarga Purwokerto (mama, kakak, adek2 saya, si mas dan Qeela) bareng keluarga Ayah (panggilan buat Pakdhe saya) dan Om Yoki (adek mama) lanjut perjalanan ke Parakan. Yang istimewa di Lebaran kali ini, karena akhirnya saya bisa ngajak si mas Lebaran bareng keluarga saya, setelah 2 thn lalu si mas g pulang lebaran demi cuti lahiran saya dan tahun lalu lebaran di keluarga si mas. Dan lagi, begitu juga dengan keluarga mbak Dita (sepupu saya, anak pakdhe) yang juga pertama kalinya ngajak suami dan anaknya buat lebaran bareng dengan keluarga besar kami berhubung mbak dita ikut suami tinggal di Tebing Tinggi, Medan. Jadi istimewa banget dech lebaran kali ini. Walo masih ada sedihnya juga ada beberapa keluarga yang ga bisa ikut kumpul kayak tante Henny (adek mama) dan mbak Ajeng (kakak mbak Dhita) karena keduanya tinggal di Canada.
Nah jadi begitulah, perjalanan makan waktu 3 jam, jalanan padat namun lancar, maklum kayaknya masih suasana lebaran yang mana tradisi kunjung mengunjungi sodara masih kerasa banget. Sempat mampir makan di rumah makan Joglo yang letaknya di kaki gunung Shindoro Sumbing. Pas banget lebaran hari kedua itu bareng sama ulang tahun Ugenk, kakak saya, yang ke 25, jadi sekalian lah kami rame2 ditraktir makan disana. Hoyeee..
Tempat makannya enak, suasananya, pemandangannya, ademnya. Namun sayang, sepertinya belum semua pelayannya balik dari mudik. Alhasil keliatan banget pelayan yang ada kerempongan sama tamu yang banyak banget. Semua punya pikiran sama, makan rame2 dluar bareng keluarga. Sampai2 mejapun kami rebutan lho. Sempat lama untuk minta pelayannya ngeberesin meja kita, rebutan pelayan lho. hahaha..pelayannya dah berasa artis ditarik sana sini. Tapi begitu pesanan kita dicatet, makanan datangnya cepet koq. Enak, not bad lah. Saya ga pinter nulis review tentang kuliner ya. Tapi menurut yang lain, makanan disini memang lumayan enak. Ditambah pemandangan gunung berkabut tipisnya yang bikin suasana makan jadi makin syahdu.
Jadi, ya gitu. sampe di rumah mbah In, alhamdulillah udah rame aja. Keluarga Jogja juga udah dateng. Padahal cuma dikit lho, tapi anak beranaknya yang bikin rame. Malamnya main UNO, haha..pertama kali saya dan si mas main UNO, heboh seru mainnya. Makan rame2, tidur sempit2 pepet2an kayak pindang. Tapi semua itu nyenengin. Moment lebaran yang Indah.
Kalo ga lebaran gini, susah banget ngumpulin kami semua. terutama yang jauh2 kayak keluarga pakdhe ataupun om Yoki. mereka tinggal di Ibu Kota. Cucu2 mantu pun baru pertama kali saling ketemu kayak gini, padahal kalo di pikir saya dan si mas udah nikah 3 tahun ya.
Ga tau apa tahun depan bisa kayak gini lagi. Selain karena kita ga ada yang tau umur ya. Saya ga bisa mastiin apa bisa mudik jauh dari Prabumulih, Sumsel ke Jawa. Ini semua kebetulan aja karena saya masih ada disni, masih kuliah di Purwokerto, jadi si mas ya pulangnya ke Purwokerto. Insya Alloh tahun depan lulus kn ya saya, nah abis itu kan bakal ikut si mas tinggal jauh di Prabumulih, beranak 2 pulak. Jadi lebaran nanti bakal lebih banyak pertimbangan pastinya.
Jalan darat, hmm...saya ga yakin bisa berhubung mobil kami si Picco itu kecil.. walah.. sempit.. mungkin saya bakal mau kalo mobilny udah ganti yang gedean *kode* hahaha..
kalo jalan udara, nabung dari sekarang kalo gitu. Hee..
bismillah aja dech, pasti tar ada jalannya. Kan niatnya baik untuk memelihara tali silaturahim. Kalopun kudu lebaran di Prabumulih ya ga apa. Santai aja saya mah.
sekian dari saya..terlampir putu2 hasil narsis slama lebaran..hehehe..
doakan ya tahun depan bisa lebaran rame2 lagi..amiiin..
| Beuna, ponakan unyu dari Yogya |
| mbangunin #Qeela |
| Naura, gadis Batak |
| Mama, Qeela, Ummi Dhita, Naura |
Komentar