half-way to go...

Update lagi!
20 minggu syudahh..
alhamdulillahh..

Pas kemarin cek sebenarnya di usia kandungan 19 minggu, tapi lebih 3 hari, anggapannya sudah nyaris 20 minggu lah ya..dan hari ini dink masuk 20 minggu. Alhamdulillah.

Kabar dede bayi Alhamdulillah lagi, sehat..gerak mulu, detak jantungnya normal, kelengkapannya insya Alloh lengkap. JK? nah ini, peer lagi buat mamaknya dibulan depan untuk nanyain ke Dsog nya lagi, karena lagi-lagi ga keliatan cobaa...ihiks. OK lah, jadi si dede sehat wal afiat normal smua yaa..aamiin..

next mamaknya..
masuk trimester kedua ini, mulai enakan sih, udah makin jarang ketemu keluhan mual pusingnya. Tapi kemudian muncul keluhan lain. Akhir-akhir ini sering banget kontraksi, mengingat masih 20 minggu harusnya belum bisa disebut Braxton Hicks yaa. Kemarin pagi, selapas bangun tidur, saya sempet ngalamin kontraksi yang bener2 beda dari kontraksi melahirkan. 1 jam tanpa jeda, dan semakin sakit. Jangankan duduk, gerak aja ga bisa, jadi cuma meringkuk. Sempat nangis karena sakit dan bingung. Bingung karena ga tau mesti minta tolong siapa (kondisi ditinggal dinas paksuami dan tanpa ART nginep), mau nyetir sendiri ke UGD tapi gak mungkin karena selain ga bisa berdiri, anak-anak masih tidur juga. Setelah 1 jam alhamdulillah sudah baikan. 
Baru dech paginya ke Dsog..cek kondisi janin. Alhamdulillah sehat semua. Jadi ini kayaknya murni si mamak kelewat heboh, alias kecapean. Mungkin masih awal2, euforia lepas dari TM 1 masih IN banget yak, jadi pengennya jalan-jalan aja, nyetir lama lah, kemana-mana sama 2 bayik dan seringnya gendong mereka bergantian atau beberapa kali malah gendong keduanya berbarengan.
Tapi Insya Alloh adek kuat yaa, mama juga kuat, itung2 latihan besok2 ngurus anak 3, dan misalnya mau kemana mana pas ayah kerja, mama bisa!

Keluhan lainnya, berkaitan sama kelainan tulang yang selama ini menghantui. Skoliosis. Bukan hal baru sih, karena udah bertahun-tahun semenjak jaman sekolah. Tapi, keadaannya jelas lebih berat kalo sudah ditempel sama 'Hamil'. Dalam keadaan tidak hamil saja, suka susah cari posisi duduk atau tidur, makanya ga pernah tahan lama di perjalanan karena harus duduk lama. Kalo salah posisi saja, sakitnya Subhanalloh bukan main, dari ujung kepala sampai ujung kaki. Duduk salah berdiri salah, tidur salah. Cuma bisa nangis sambil sodorin pinggang ke suami, pijetin bang!
Nah dengan keadaan hamil ini, bumil kan bawa beban tuh, sedang badan ini bengkok ke kanan, jadi otomatis beban yang dirasa tubuh sebelah kanan jadi lebih berat kan ya, hamil ini yaaa...sakit pinggang kanan yang menjalar sampai kaki kayaknya sering banget nyerang. Ini aja sambil duduk depan kompi, sambil nahan nyeri. Bismillah.
Sudah konsul Dsog, menanyakan perlukah kontrol ke dokter Orthopedi. Kata bu dokter mah sebenarnya tidak begitu perlu karena derajat kemiringannya masih bisa dibebankan dengan kehamilan, kalaupun ternyata saya merasa terganggu, beliau memeprsilahkan kalo mau bertemu dengan dokter Orthopedi.
Berhubung tau kondisinya ternyata aman2 saja, dan saya g ada masalah dalam proses kelahiran 2 anak sebelumnya, jadi sementara ditahan dlu dech. kuattt. Yang agak maksa sebenarnya paksuami, katanya kasihan liat saya kesakitan, tapi curiga karena paksuami ga mau kecapean mijetin.wkwkwkwk..

1 keluhan lagi, miss V saya membengkak saudara saudara. Dan rasanya kayak mau copot. Mirip2 kayak pas hamil tua lah ya, kayak ada yang mau keluar dari bawah. Setelah di cek, bu dokternya bilang saya kudu cek urin, ihiks, dikhawatirkan bengkaknya menyebar dan ternyata preeklampsia. Ya Alloh semoga bukan yaa. Ga kebayang paniknya saya bakalan kayak apa, dan jadi takut sendiri kalo nantinya ada opsi SC. Sampai sekarang belum cek urin sih, secara bengkaknya mereda. Biasanya kambuh kalo berdiri lama, jadi saya lebih yakin kalo ini cuma bengkak karena peredaran darah yang ga lancar berhubung kegencet bayik apa malah lemak saya yang berlebih. Jadi kalo banyak duduk atau tiduran, bengkaknya reda. Nantilah kalo sudah siap mental baru periksa urin.

baidewei, Perut saya gedenya udah macam hamil TM 3..wkwkwkwkwk..secara timbangannya sama kayak lagi hamil 9 bulan Nyanya Qeela..Ya Gusti!
Jadi hamil kali ini saya berusaha lebih jaga makan ya, dan memang makannya ga seheboh hamil-hamil sebelumnya. Mulai rajin yoga hamil juga, gerak juga, biar sehat dan ga overweight. ALhamdulillah 4 bln dan baru naik 1 kg. Semoga besok TM 3 g naik banyak2 ya temans, saya udah pusing mikirin nuruninnya. Ahahaha..

kpanjangan, jadi mari sudahi..
sehat2 ya bumil..
buat bumil2 diluar sana, semoga Alloh beri sehat selamat lancar semuaaa..
ibu sehat bayi sehat..
lahiran lancarr jayaaa...
aamiiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meruntuhkan Label : Tidak Cinta Diri

berdamai dengan keadaan..

menyambut Baby T