Homeschooling..

Homeschooling jadi bahasan kami sebagai orang tua sudah sejak lama.
Mengingat betapa tidak 'aman' nya dunia pendidikan kita saat ini. Bukan menyenangkan seperti layaknya kita dahulu, pendidikan sekarang malah menjadi beban berat bagi anak-anak yang sebenarnya belum saatnya menerima beban tersebut.
Keputusan HS sendiri maju mundur dari dulu. Mulai tertarik sebenarnya saat Qeela menjelang usia 3 tahun. Tapi baru benar-benar kami dalami setahun belakang.
HS bukan paksaan pada Qeela maupun Anya. Walau Qeela bersekolah formal, pendidikan dirumah tetap berbasis keluarga. Keputusan HS kami serahkan sepenuhnya kepada anak-anak. 

Tadinya, kami mempelajari seputar HS sebenarnya hanya sebagai opsi pembelajaran dirumah ketika Qeela sedang ogah mengikuti kelas disekolah. Mungkin karena itu juga jadi sepertinya keputusan HS jadi maju mundur. Sampai pada akhirnya, pertengahan tahun ini, Qeela mendadak minta sekolah dirumah saja. Padahal sebulan sebelumnya dia yang meminta melanjutkan ke TK A...dan juga mengambil kelas Bilingual. Agak kaget, apa memang ini petunjuk dari Alloh. Mungkin kami diharuskan siap tidak siap memulainya. Mungkin inilah jawaban dari doa-doa kami sebelumnya. Sedikit lemas juga awalnya, karena keputusan Qeela itu diambil seminggu sebelum masuk sekolah, ditambah kami sudah melunasi pembayaran sekolah Qeela dan Tanya. Berbekal Pede, pak Suami saya delegasikan untuk bertemu dengan kepala yayasan, membahas penarikan biaya sekolah yang kami bayarkan. Sempat ada tarik ulur dari pihak sekolah sebenarnya. Sampai 2 minggu lamanya kami belum juga dikabari, sempat putus asa juga dan akhirnya pasrah. Kalau masih rejeki ya tak kemana. Uang yang sudah disetorkan itu rencananya akan kami jadikan modal awal memulai HS secara serius. 

Tepat saat sedang mengikuti Fesper 2015 di Cibodas, tetiba saya dapat telepon dari pihak sekolah. Mereka menyatakan setuju mengembalikan biaya yang sudah dibayarkan 100%. Alhamdulillah, sepertinya ini tanda lagi dari Alloh bahwa sebaiknya lah kami memulai pendidikan dari rumah. Bismillah..dan baru diakhir bulan Agustus, akhirnya biaya tersebut ditransfer ke rekening kami. Alhamdulillah.

Untuk pertanyaan seputar HS biasanya banyak datang dari kalangan sekitar kami. Dan biar tidak ulang-ulang..cukup 1 lagu menggambarkan jawaban kami..



Komentar

Qqie Kudo mengatakan…
diupdate ya cyinn nanti HS nya :) Susah senangnyaa...menarik kalau yang menjalani orang dekat, jadi lebih faham,
Kartika Rizki mengatakan…
Ayo mba kapan2 ikutan acara kemping keluarga HS..biasanya untuk umum..
disana keliatan deh gimana anak2 HS..
akupun ketagihan ikutan bgituan..hehehe

Postingan populer dari blog ini

Meruntuhkan Label : Tidak Cinta Diri

berdamai dengan keadaan..

menyambut Baby T