TM 2, Hello you!
16 minggu sudah, alhamdulillah..
bubye dulu dech sama morning sickness, alhamdulillah akhirnya lewat itu masa2 tidak produktif, bikin malas kemana2 atau ngapa2in..
Baru banget kemaren kita ngecek kondisi debay kan..cek rutin ceritanya. Dan perdana gitu bawa rombongan hore, tak lepas adalah si pelaku kehamilan :P, pak suami. Ini perdana lho dia nemenin istrinya periksa kandungan. Kita ber4 rencananya dan berharap bakal tau nih JK si jabang bayi berhubung memang sudah selesai y pembentukannya, namun kemudian penonton kecewa, karena si dede bobonya tengkureeppp yaaaaaahhhh~~~
Tak apeu deh, mungkin si dede malu gitu rame2 ditonton, hahaha. Next pemeriksaan ya jangan lupa ngangkang selebar-lebarnya sambil ngadep bapakmu..hihihi..
Oh ya lagi, udah 16 minggu nih dah kudu mulai hunting2 dokter kandungan yang cucok dihati sebenernya. Dari awal periksa masih sama 1 dokter sih, itupun periksa juga cm buat cek kondisi, kalo cocok sama dokternya mah hmm belom. Apalagi semenjak obrolan sama si dokter bulan lalu yang mana agak mengacu pada pro sesar...
birthplan? Belum dibuat, tapi sudah dibayangkan. Dan masih ganti2 versi. Awal hamil kemaren pengen banget home waterbirth mengacu pada kelahiran sebelumnya yang lancar jaya ber waterbirth yaa, tapi ternyata disini agak terkendala dengan nakesnya :(
sempet ngubungin mba Rini (bidan lahiran Anya), untuk nanya sekiranya beliau bisa membantu proses kelahiran si dede ini, di Cirebon. Doi saat itu belum bisa langsung menyanggupi berhubung masih lama ya (due date pertengahan Juni 2015), tapi komen menenangkan "Berdoa aja mba, kalo jodohnya saya yang membantu menyambut si bayi, semua bisa terjadi".
Tapi karena ga bisa juga ya ongkang ongkang kaki gitu denger jawaban mba Rini, kita agak mulai harus memaksa diri mencari nakes dsni, dan membuat plan lain ya. Misalkan ga bisa waterbirth (karena paksuami tidak ACC kalo bidan yang menemani bukan ahli dibidang waterbirth), at least homebirth.
Kenapa homebirth? bukan anti rumah sakit ya. Tapi karena kemaren itu sama sekali belum hunting rumah sakit yang ramah ibu dan anak jadi saya milih di rumah aja. Rumah jelas tempat paling nyaman. Kalo kamu udah pernah ngerasain melahirkan, menanti kontraksi sampe bukaan 10, itu pasti yaa PASTI banget bakal bilang kalo paling enak di tempat yang nyaman. Karena jelas kontraksi2 itu bikin gaaa nyaman banget. AT LEAST lingkungan kita nyaman lah ya. Semakin nyaman, semakin tenang, insya Alloh proses melahirkannya pun semakin enak.
Nah buat saya, tempat paling nyaman buat saya, paling bisa bkin saya adem, ya kamar saya sendiri. Makanya itu kemudian ingin sekali bisa sukses homebirth.
Kalo tetiba ada komplikasi gimana? Nah lho..bukan berharap ya, semoga ga mengingat sejarah melahirkan sebelumnya tanpa ada komplikasi. Tetapi kalo iya, kan kudu siap plan 3. Sip akhirnya mari cari RS atau sarana kesehatan yang bisa menyokong visi misi kami.
Via GBUS di FB, saya kemudian berkenalan dengan seorang bumil muda, kehamilan pertama, mba Dini yang kebetulan lokasinya pun sama di Cirebon. Dari mba Dini lah saya jadi tau tempat mana yang ramah bumil ini. Kemudian pilihan jatuh ke Puskesmas GunungSari. Puskesmas? Jangan salah. Ini puskesmas percontohan. Jadi dah mirip klinik lah ya. Ada ruang rawatnya, bidan2 berkompeten, bahkan ada hypnoterapist nya (nah ini ga smua RSIA punyaa)
Berdasarkan pengalaman mba Dini, bisa diacungi jempol deh ini puskes. Bener2 ramah ibu dan anak. Gimana gak, pertama datang ke puskes, bukaan 2. Mba Dini sama sekali ga di infus (yang mana masih jadi protab di beberapa RSIA, kebanyakan malah). Udah gitu puskes juga langsung nyiapin gymball gitu, biar mba Dini bisa muter2 disitu, biar makin cepet bukaannya (noted!jadi g perlu nih y bawa gembolan bola dari rumah). Udah gitu bidan2nya sangat ramah ni kata mba Dini, rajin ngajakin dan nemenin kita jalan2 selama proses pembukaan. Hmm nampak menggiurkan ya. Saya dan paksu kebetulan belum liat ksana langsung sih, jadi belum liat kondisi kamar rawat dsb. Tapi untuk pelayanan, boleh lah masukin list.
RSIA? masih mencari. Barangkali ada yang baca ini blog (kaliiiii) trus posisinya di Cirebon dan tau mana RSIA yang kira2 nyaman buat saya mengacu pada cerita saya diatas yaaa, bole doonk dibisikiin..mumpung masih ada 24weeks to go...
bismillah..apapun jalannya nanti, semoga Alloh paring aman selamat lancar bin barokah..
aamiin..
Baru banget kemaren kita ngecek kondisi debay kan..cek rutin ceritanya. Dan perdana gitu bawa rombongan hore, tak lepas adalah si pelaku kehamilan :P, pak suami. Ini perdana lho dia nemenin istrinya periksa kandungan. Kita ber4 rencananya dan berharap bakal tau nih JK si jabang bayi berhubung memang sudah selesai y pembentukannya, namun kemudian penonton kecewa, karena si dede bobonya tengkureeppp yaaaaaahhhh~~~
Tak apeu deh, mungkin si dede malu gitu rame2 ditonton, hahaha. Next pemeriksaan ya jangan lupa ngangkang selebar-lebarnya sambil ngadep bapakmu..hihihi..
Oh ya lagi, udah 16 minggu nih dah kudu mulai hunting2 dokter kandungan yang cucok dihati sebenernya. Dari awal periksa masih sama 1 dokter sih, itupun periksa juga cm buat cek kondisi, kalo cocok sama dokternya mah hmm belom. Apalagi semenjak obrolan sama si dokter bulan lalu yang mana agak mengacu pada pro sesar...
birthplan? Belum dibuat, tapi sudah dibayangkan. Dan masih ganti2 versi. Awal hamil kemaren pengen banget home waterbirth mengacu pada kelahiran sebelumnya yang lancar jaya ber waterbirth yaa, tapi ternyata disini agak terkendala dengan nakesnya :(
sempet ngubungin mba Rini (bidan lahiran Anya), untuk nanya sekiranya beliau bisa membantu proses kelahiran si dede ini, di Cirebon. Doi saat itu belum bisa langsung menyanggupi berhubung masih lama ya (due date pertengahan Juni 2015), tapi komen menenangkan "Berdoa aja mba, kalo jodohnya saya yang membantu menyambut si bayi, semua bisa terjadi".
Tapi karena ga bisa juga ya ongkang ongkang kaki gitu denger jawaban mba Rini, kita agak mulai harus memaksa diri mencari nakes dsni, dan membuat plan lain ya. Misalkan ga bisa waterbirth (karena paksuami tidak ACC kalo bidan yang menemani bukan ahli dibidang waterbirth), at least homebirth.
Kenapa homebirth? bukan anti rumah sakit ya. Tapi karena kemaren itu sama sekali belum hunting rumah sakit yang ramah ibu dan anak jadi saya milih di rumah aja. Rumah jelas tempat paling nyaman. Kalo kamu udah pernah ngerasain melahirkan, menanti kontraksi sampe bukaan 10, itu pasti yaa PASTI banget bakal bilang kalo paling enak di tempat yang nyaman. Karena jelas kontraksi2 itu bikin gaaa nyaman banget. AT LEAST lingkungan kita nyaman lah ya. Semakin nyaman, semakin tenang, insya Alloh proses melahirkannya pun semakin enak.
Nah buat saya, tempat paling nyaman buat saya, paling bisa bkin saya adem, ya kamar saya sendiri. Makanya itu kemudian ingin sekali bisa sukses homebirth.
Kalo tetiba ada komplikasi gimana? Nah lho..bukan berharap ya, semoga ga mengingat sejarah melahirkan sebelumnya tanpa ada komplikasi. Tetapi kalo iya, kan kudu siap plan 3. Sip akhirnya mari cari RS atau sarana kesehatan yang bisa menyokong visi misi kami.
Via GBUS di FB, saya kemudian berkenalan dengan seorang bumil muda, kehamilan pertama, mba Dini yang kebetulan lokasinya pun sama di Cirebon. Dari mba Dini lah saya jadi tau tempat mana yang ramah bumil ini. Kemudian pilihan jatuh ke Puskesmas GunungSari. Puskesmas? Jangan salah. Ini puskesmas percontohan. Jadi dah mirip klinik lah ya. Ada ruang rawatnya, bidan2 berkompeten, bahkan ada hypnoterapist nya (nah ini ga smua RSIA punyaa)
Berdasarkan pengalaman mba Dini, bisa diacungi jempol deh ini puskes. Bener2 ramah ibu dan anak. Gimana gak, pertama datang ke puskes, bukaan 2. Mba Dini sama sekali ga di infus (yang mana masih jadi protab di beberapa RSIA, kebanyakan malah). Udah gitu puskes juga langsung nyiapin gymball gitu, biar mba Dini bisa muter2 disitu, biar makin cepet bukaannya (noted!jadi g perlu nih y bawa gembolan bola dari rumah). Udah gitu bidan2nya sangat ramah ni kata mba Dini, rajin ngajakin dan nemenin kita jalan2 selama proses pembukaan. Hmm nampak menggiurkan ya. Saya dan paksu kebetulan belum liat ksana langsung sih, jadi belum liat kondisi kamar rawat dsb. Tapi untuk pelayanan, boleh lah masukin list.
RSIA? masih mencari. Barangkali ada yang baca ini blog (kaliiiii) trus posisinya di Cirebon dan tau mana RSIA yang kira2 nyaman buat saya mengacu pada cerita saya diatas yaaa, bole doonk dibisikiin..mumpung masih ada 24weeks to go...
bismillah..apapun jalannya nanti, semoga Alloh paring aman selamat lancar bin barokah..
aamiin..
Komentar