Puncak..
Assalamualaikum..
hualoohh..
mumpung belum terlalu lama, dan belum teralu lupa
mau cerita ah, kisah kabur sesaat ke Puncak..
Sebenarnya, ke Taman Safari Indonesia Cisarua itu udah jadi agenda liburan tahun ini, berhubung Anya dianggap udah cukup besar dan ngerti lah kalo dibawa ke kebun binatang.
Kalo dipikir, kayaknya emang sering banget ya ajak anak2 ke kebun binatang. Setelah sebelumnya dipertengahan tahun lalu ngajak anak2 ke Jatim Park 2. Hee..kali karena memang Qeela ini seneeeeng banget sama binatang, dan berharap Anya pun begitu. Biar pada jadi sosok yang cinta makhluk hidup. Dan yang jelas emak bapaknya juga doyan. Ahahaha.
Lanjut Cerita..
Nah, tapi liburan k TSI kmren ini bener2 dadakan. Diluar dugaan. Karena sebelumnya, menurut kabar2, sabtu dan minggu (7 dan 8 maret 2015) itu keluarga besar TekProd bakalan jalan2 ke Ciater. Jadi yang dipersiapkan sama kita ya liburan ke Ciaternya itu. Apa daya, rencana hanya rencana, hari selasa diminggu yang sama rencana dibatalkan. Aih sedih hati ambo mengingat batal liburan. Trus tetiba suami donk punya inisiatip liburannya pindah sajo ke Puncak. Jadi begitulah, serba dadakan pindahan rencana ini. Yang bikin kalang kabut karena sampai hari kamis itu belum juga menentukan bakalan nginep dimana. Apalagi kami buta sama Puncak. Dulu ke TSI jaman Qeela kecil itukan pas bangeet si ayah lagi dapat dinas di Bogor, jadi g rempong mikir nginep dimana karena kita berangkat k TSI dari hotel di Bogor. Bermodal Agoda dan Tripadvisor, kita pilih2 hotel. Hahaha, gaya bener pilih2 hotel, karena kenyataannya semua penuh sodara sodara. Awalnya pengen bangeeeettt ngerasain nginep di Karavan Safari Lodge Hotel. Tapi fullbooked sampe April donk yakk..
Finally, di akhir persiapan, akhirnya booking lah Parama Hotel & Resto. Kalo dari foto2 di Agoda ataupun Tripadvisor, OK lah. bintanng 3. Harapan kita toh yang penting buat tidur nyaman. Yassud bookinglah kamar 1 kelas di atas standar. Ayem..
jadi...
MARI BERLIBUR!!!!
Kita berangkat hari sabtu subuh jam 4 pagi, dengan asumsi jam 9 udah sampai pas jalur ke arah Puncak dibuka (info buka jalur jam 9-11 pagi), stop sholat Subuh dulu di Jatibarang dan lanjutttt terus. Alhamdulillah jalanan lancar sampai masuk Tol Cikampek. Mulai kerasa padatnya malah di Tol..udah nyaris sampe, hayaahh...akhirnya ketemu juga dengan pejuang2 menuju Puncak. Ramai sodara sodara. Dan padat merayap. Keluar tol kita baru bener ngalamin orang2 yang pada ramai dipinggir jalan menawarkan jalan potong menuju Puncak, tapi tanpa tergoda ya, yakin kalo macetnya cuma bentar.
Dari semenjak keluar tol, pak suami sudah usrek saja nyari toilet, kebelet pipis ceritanya. Sempet agak susah karena macetnya itu, dan posisi kita disebelah kanan, jadi mau ngirinya susah. Tapi akhirnya nemu juga dink. Sekalian saja gantian nyetirin, berhubung posisi kita udah dijalan Puncak.
Alhamdulillahnya, 10 menit di Alfam*rt udah buka jalan macet buat kita. yihuuuyyy..jalanan lancar jaya kemudian. Jadi saya alhamdulillahnya nyetirnya pun lancar jaya menuju destinasi pertama, Cimory Riverside.
Di Cimory, ceritanya mau numpang sarapan, karena ga tau mau sarapan dimana. Dan kebetulan pengen tau Cimory, jadi yassud sekalian. Yang jelas, anak2 seneng banget. Btw, di Cimory itu, anak2 ganti2 baju, cuci muka, pipis, mandi kita skip sampai dihotel sajo.ehehehe..
Anak2 girang banget main di playroundnya, dan karena masih pagi jadi masih sepi. Kita sampai disana sekitaran jam 10 lah. Udah sampai di sana, tidak lupa donk mampir ke Supermarket dan toko cokelatnya. Beli2 susu dan yogurt buat bekal di hotel, tidak lewat pulak cokelatnya...itu asli endeeeuuuuusssss banget cokelat rasa teh hijaunyaaa...g sampai 5 menit cokelat bar nya habis dimulut kami2 donk.,
Cimory Riverside menuju Parama Hotel&Resto. Ga banyak komen soalnya hmm, kelas superiornya aja mirip mess kantor, apalagi standarnya ya?. Tapi overall lumayanlah, kamar mandinya juga gede. Air hangat nyala. kamar kita persis didepan playground dan kolam renangnya, tapi siapa mau renang diudara sedingin ituuu.. Bukan maksud hati membalas kekecewaan, tapi memang kita pulang meninggalkan bercak basah pesing ompol Anya dikasur..ehe..
Dihotel cuma sebentar, naruh2 barang, sholat dan istirahat sebentar. Sekitar jam 2 an kita lanjut ke Taman Bunga Nusantara.
Taman Bunga Nusantara, posisinya agak jauh ya dari hotel kita. Mungkin karena hotel kita belum afdol banget disebut daerah Puncak, karena sepertinya daerah TBN lah yang pantas disebut Puncak. Adeem..yang bikin adem itu anginnya. Mana pas kita kesana pas rintik2 hujan. Naik kereta keliling TBN, lanjut mainan di taman bermain didalam TBNnya.. Qeela seneng karena bisa naik kuda, seru juga ada kereta api mini didalamnya, yang miriip banget suaranya kayak kereta sungguhan. Treknya juga seru, sampai masuk2 kebawah jembatan. Yang agak disayangkan dari TBN ini, jalan menuju TBNnya itu rusak parah, kecil pulak..sampai bolak balik keantuk batu :( (elus supi)
Balik hotel sudah malam..malas cari makan, dan si pak suami jajanlah di warung2 depan hotel..lumayaaann enak ternyata untuk perut yang lapar..hehe
Minggu pagi tiba, disambut mendung bergelayut. ihiks, tapi alhamdulillah tidak menyurutkan semangat ber TSI ria, kadung janji dengan anak2. Selepas sarapan di hotel, kita lanjut ke TSI, dari parkiran aja sudah jelas jalanan ke arah puncak itu macet sodara2. alhamdulillah kan kita nginepnya deket TSI, jadi ga perlu waktu lama untuk akhirnya tiba di TSI.
TSI di hari minggu dan hujan itu, padat merayap juga ternyata. Didalam jalur mobilpun macet. Sedihnya karena hujan, jadi ga leluasa kasih makan binatang2nya (pake wortel yang kita beli sebelum masuk TSI). Qeela sudah berani kasih makan langsung..Anya sama kayak mama, berani, tapi begtu binatangnya ndeket, malah teriak2 parno..ahahaha..
Kelar muter-muter trek mobil, kita buru-buru cari parkiran karena memang ngejar nonton si Anjing laut. Maklum biasa tinggal di kota kecil, jadinya kayakny heboh bener ga pernah nonton begituan. Anya yang awalnya takut akhirnya girang banget nontonnya. Tapi tetep ya, begitu nonton video hasil nonton Anjing laut, sadarlah saya, yang paling heboh itu saya. Teriak2 geje. Ahahaha..
Dari nonton Anjing laut, kita menuju pertunjukannya lumba-lumba. Letak tempatnya agak naik, sebenarnya dekat, tapi karena nanjak yah lumayan. Oh ya, jadi karena kita takut di pertunjukan lumba-lumba kita ga dapat parkir, jadi kita putuskan jalan kaki saja sambil dorong stroller ke tmpt si lumba2. Sungguh ya, hamil 6 bulan, jalan nanjak kira-kira 300m, dan sambil dorong stroller itu....hmmm....yang jelas sepanjang jalan saya banyak doa, semoga si bayik di perut g kenapa-kenapa karena begitu tiba di tempat pertunjukan, nafas saya udah setengah-setengah ditambah kontraksi. Wiihh.. demi nyenengin anak-anak, bismillah.
Sebagai tambahan ya, menurut kami nih ya, seruan pertunjukan Anjing laut dibanding Lumba-lumba. Apa karena Lumba-lumba kesannya udah biasa ya, dan pertunjukannya memang biasa aja. Kecuali pas si lumba2 salto berkali-kali.
Tadinya dari nonton lumba-lumba, mau lanjut nonton pertunjukan Wild Wild West. Namun liat jalannya yang nanjak Subhanalloh, saya nyerah saja. Putar balik kita mutusin cari makan sekalian ngelewatin etalase-etalase binatang di sepanjang perjalanan. Oh ya, dari nonton lumba-lumba, hujan sempat deras sekali. Alhamdulilah ada jalan khusus pejalan kaki, yang terlindungi karena ada atapnya.
Karena hujan deras itu, kita mutusin makannya di food court aja karena aksesnya ga kena ujan. Mau balik ke mobil koq tanggung, sekalian muter2 semua aja. Ternyata anak-anak tidur sepanjang jalan ke food court. Wajar sih emang karena udah jam nya tidur siang, ditambah dengan suasana adem berkabut juga hujan. Bener juga ya, makan di food court dalam TSI itu mihil. ahahaha..agak kaget aja karena koq makanan paling biasa macam sayur asem dan kawan-kawannya di hargai nyaris 40rb. Mihiilll kaan.. Tapi apa mau dikata, namanya juga liburan ya, mana kepikiran bawa bekal piknik. Hehehe..
Alhamdulillah pas makan, anak-anak bangun semua. Jadi sempet makanin mereka. Hujanpun alhamdulillah redaan, jadi abis masukin stroller ke mobil, kita lanjut ke Baby Zoo. Rencana awal sih pengen ngajakin Qeela foto sama si orang utan. Tapi sayangnya si bocah lagi g mood bawaan baru bangun. Untuk foto dy ga mau. Tapi malah main, salam2an sama si orang utan. Anya? dia nyengir aja dipojokan, ga berani ndeket, tapi juga ga takut kayaknya. Oh ya, di Baby Zoo Qeela sempet tetiba nangis, katanya takut liat harimau. Padahal juga ga kita ajakin foto, cuma pas lewat kandangnya aja, tiba2 si dia meluk mamak sambil tau2 ngalir deh itu air mata. Biar ga berlarut, diajak lah liat orang utan lain didalam situ. Ternyata ada mamak2 orang utan yang nggendong bayi orang utan. Lucunyaaaaaaa....
Singkat aja ya karena udah kepanjangan. Dari situ kita langsung ke tempat tunggang kuda poni, karena Qeela udah bolak balik minta naik kuda. Kelar semua itu, jam udah nunjukin jam 4 sore. Waktunya pulang ke kotaku sodara-sodara. Perjalanan alhamdulilah lancar. Isoma di Rest Area didalam Tol. Sampai rumah jam 12 malam. Wiihh...dibilang capek ya capek, tapi seru abis. Alhamdulillah punya anak-anak yang ga mabok perjalanan, yang doyan di jalan kayak mamanya, doyan tidur tepatnya.
Paginya ayah langsung berangkat dinas. Jadi terharu sendiri, demi kita si ayah rela capek2.
Alhamdulillah Jaza Kallohu khoiron ya Pak bos...
ditunggu liburan selanjutnya...
hehehe
NB: Mobil kita sempet dikencingin sama si Harimau..ahaha..seperti menandakan tempat kekuasaannya yak..
trus, next time, Ancol yuk ayaahh..mamak pengen liat aquarium raksasa..hmm..anak-anak juga. ahahaha..
Lanjut Cerita..
Nah, tapi liburan k TSI kmren ini bener2 dadakan. Diluar dugaan. Karena sebelumnya, menurut kabar2, sabtu dan minggu (7 dan 8 maret 2015) itu keluarga besar TekProd bakalan jalan2 ke Ciater. Jadi yang dipersiapkan sama kita ya liburan ke Ciaternya itu. Apa daya, rencana hanya rencana, hari selasa diminggu yang sama rencana dibatalkan. Aih sedih hati ambo mengingat batal liburan. Trus tetiba suami donk punya inisiatip liburannya pindah sajo ke Puncak. Jadi begitulah, serba dadakan pindahan rencana ini. Yang bikin kalang kabut karena sampai hari kamis itu belum juga menentukan bakalan nginep dimana. Apalagi kami buta sama Puncak. Dulu ke TSI jaman Qeela kecil itukan pas bangeet si ayah lagi dapat dinas di Bogor, jadi g rempong mikir nginep dimana karena kita berangkat k TSI dari hotel di Bogor. Bermodal Agoda dan Tripadvisor, kita pilih2 hotel. Hahaha, gaya bener pilih2 hotel, karena kenyataannya semua penuh sodara sodara. Awalnya pengen bangeeeettt ngerasain nginep di Karavan Safari Lodge Hotel. Tapi fullbooked sampe April donk yakk..
Finally, di akhir persiapan, akhirnya booking lah Parama Hotel & Resto. Kalo dari foto2 di Agoda ataupun Tripadvisor, OK lah. bintanng 3. Harapan kita toh yang penting buat tidur nyaman. Yassud bookinglah kamar 1 kelas di atas standar. Ayem..
jadi...
MARI BERLIBUR!!!!
Kita berangkat hari sabtu subuh jam 4 pagi, dengan asumsi jam 9 udah sampai pas jalur ke arah Puncak dibuka (info buka jalur jam 9-11 pagi), stop sholat Subuh dulu di Jatibarang dan lanjutttt terus. Alhamdulillah jalanan lancar sampai masuk Tol Cikampek. Mulai kerasa padatnya malah di Tol..udah nyaris sampe, hayaahh...akhirnya ketemu juga dengan pejuang2 menuju Puncak. Ramai sodara sodara. Dan padat merayap. Keluar tol kita baru bener ngalamin orang2 yang pada ramai dipinggir jalan menawarkan jalan potong menuju Puncak, tapi tanpa tergoda ya, yakin kalo macetnya cuma bentar.
Dari semenjak keluar tol, pak suami sudah usrek saja nyari toilet, kebelet pipis ceritanya. Sempet agak susah karena macetnya itu, dan posisi kita disebelah kanan, jadi mau ngirinya susah. Tapi akhirnya nemu juga dink. Sekalian saja gantian nyetirin, berhubung posisi kita udah dijalan Puncak.
Alhamdulillahnya, 10 menit di Alfam*rt udah buka jalan macet buat kita. yihuuuyyy..jalanan lancar jaya kemudian. Jadi saya alhamdulillahnya nyetirnya pun lancar jaya menuju destinasi pertama, Cimory Riverside.
Di Cimory, ceritanya mau numpang sarapan, karena ga tau mau sarapan dimana. Dan kebetulan pengen tau Cimory, jadi yassud sekalian. Yang jelas, anak2 seneng banget. Btw, di Cimory itu, anak2 ganti2 baju, cuci muka, pipis, mandi kita skip sampai dihotel sajo.ehehehe..
Anak2 girang banget main di playroundnya, dan karena masih pagi jadi masih sepi. Kita sampai disana sekitaran jam 10 lah. Udah sampai di sana, tidak lupa donk mampir ke Supermarket dan toko cokelatnya. Beli2 susu dan yogurt buat bekal di hotel, tidak lewat pulak cokelatnya...itu asli endeeeuuuuusssss banget cokelat rasa teh hijaunyaaa...g sampai 5 menit cokelat bar nya habis dimulut kami2 donk.,
Cimory Riverside menuju Parama Hotel&Resto. Ga banyak komen soalnya hmm, kelas superiornya aja mirip mess kantor, apalagi standarnya ya?. Tapi overall lumayanlah, kamar mandinya juga gede. Air hangat nyala. kamar kita persis didepan playground dan kolam renangnya, tapi siapa mau renang diudara sedingin ituuu.. Bukan maksud hati membalas kekecewaan, tapi memang kita pulang meninggalkan bercak basah pesing ompol Anya dikasur..ehe..
Dihotel cuma sebentar, naruh2 barang, sholat dan istirahat sebentar. Sekitar jam 2 an kita lanjut ke Taman Bunga Nusantara.
Taman Bunga Nusantara, posisinya agak jauh ya dari hotel kita. Mungkin karena hotel kita belum afdol banget disebut daerah Puncak, karena sepertinya daerah TBN lah yang pantas disebut Puncak. Adeem..yang bikin adem itu anginnya. Mana pas kita kesana pas rintik2 hujan. Naik kereta keliling TBN, lanjut mainan di taman bermain didalam TBNnya.. Qeela seneng karena bisa naik kuda, seru juga ada kereta api mini didalamnya, yang miriip banget suaranya kayak kereta sungguhan. Treknya juga seru, sampai masuk2 kebawah jembatan. Yang agak disayangkan dari TBN ini, jalan menuju TBNnya itu rusak parah, kecil pulak..sampai bolak balik keantuk batu :( (elus supi)
Balik hotel sudah malam..malas cari makan, dan si pak suami jajanlah di warung2 depan hotel..lumayaaann enak ternyata untuk perut yang lapar..hehe
Minggu pagi tiba, disambut mendung bergelayut. ihiks, tapi alhamdulillah tidak menyurutkan semangat ber TSI ria, kadung janji dengan anak2. Selepas sarapan di hotel, kita lanjut ke TSI, dari parkiran aja sudah jelas jalanan ke arah puncak itu macet sodara2. alhamdulillah kan kita nginepnya deket TSI, jadi ga perlu waktu lama untuk akhirnya tiba di TSI.
TSI di hari minggu dan hujan itu, padat merayap juga ternyata. Didalam jalur mobilpun macet. Sedihnya karena hujan, jadi ga leluasa kasih makan binatang2nya (pake wortel yang kita beli sebelum masuk TSI). Qeela sudah berani kasih makan langsung..Anya sama kayak mama, berani, tapi begtu binatangnya ndeket, malah teriak2 parno..ahahaha..
Kelar muter-muter trek mobil, kita buru-buru cari parkiran karena memang ngejar nonton si Anjing laut. Maklum biasa tinggal di kota kecil, jadinya kayakny heboh bener ga pernah nonton begituan. Anya yang awalnya takut akhirnya girang banget nontonnya. Tapi tetep ya, begitu nonton video hasil nonton Anjing laut, sadarlah saya, yang paling heboh itu saya. Teriak2 geje. Ahahaha..
Dari nonton Anjing laut, kita menuju pertunjukannya lumba-lumba. Letak tempatnya agak naik, sebenarnya dekat, tapi karena nanjak yah lumayan. Oh ya, jadi karena kita takut di pertunjukan lumba-lumba kita ga dapat parkir, jadi kita putuskan jalan kaki saja sambil dorong stroller ke tmpt si lumba2. Sungguh ya, hamil 6 bulan, jalan nanjak kira-kira 300m, dan sambil dorong stroller itu....hmmm....yang jelas sepanjang jalan saya banyak doa, semoga si bayik di perut g kenapa-kenapa karena begitu tiba di tempat pertunjukan, nafas saya udah setengah-setengah ditambah kontraksi. Wiihh.. demi nyenengin anak-anak, bismillah.
Sebagai tambahan ya, menurut kami nih ya, seruan pertunjukan Anjing laut dibanding Lumba-lumba. Apa karena Lumba-lumba kesannya udah biasa ya, dan pertunjukannya memang biasa aja. Kecuali pas si lumba2 salto berkali-kali.
Tadinya dari nonton lumba-lumba, mau lanjut nonton pertunjukan Wild Wild West. Namun liat jalannya yang nanjak Subhanalloh, saya nyerah saja. Putar balik kita mutusin cari makan sekalian ngelewatin etalase-etalase binatang di sepanjang perjalanan. Oh ya, dari nonton lumba-lumba, hujan sempat deras sekali. Alhamdulilah ada jalan khusus pejalan kaki, yang terlindungi karena ada atapnya.
Karena hujan deras itu, kita mutusin makannya di food court aja karena aksesnya ga kena ujan. Mau balik ke mobil koq tanggung, sekalian muter2 semua aja. Ternyata anak-anak tidur sepanjang jalan ke food court. Wajar sih emang karena udah jam nya tidur siang, ditambah dengan suasana adem berkabut juga hujan. Bener juga ya, makan di food court dalam TSI itu mihil. ahahaha..agak kaget aja karena koq makanan paling biasa macam sayur asem dan kawan-kawannya di hargai nyaris 40rb. Mihiilll kaan.. Tapi apa mau dikata, namanya juga liburan ya, mana kepikiran bawa bekal piknik. Hehehe..
Alhamdulillah pas makan, anak-anak bangun semua. Jadi sempet makanin mereka. Hujanpun alhamdulillah redaan, jadi abis masukin stroller ke mobil, kita lanjut ke Baby Zoo. Rencana awal sih pengen ngajakin Qeela foto sama si orang utan. Tapi sayangnya si bocah lagi g mood bawaan baru bangun. Untuk foto dy ga mau. Tapi malah main, salam2an sama si orang utan. Anya? dia nyengir aja dipojokan, ga berani ndeket, tapi juga ga takut kayaknya. Oh ya, di Baby Zoo Qeela sempet tetiba nangis, katanya takut liat harimau. Padahal juga ga kita ajakin foto, cuma pas lewat kandangnya aja, tiba2 si dia meluk mamak sambil tau2 ngalir deh itu air mata. Biar ga berlarut, diajak lah liat orang utan lain didalam situ. Ternyata ada mamak2 orang utan yang nggendong bayi orang utan. Lucunyaaaaaaa....
Singkat aja ya karena udah kepanjangan. Dari situ kita langsung ke tempat tunggang kuda poni, karena Qeela udah bolak balik minta naik kuda. Kelar semua itu, jam udah nunjukin jam 4 sore. Waktunya pulang ke kotaku sodara-sodara. Perjalanan alhamdulilah lancar. Isoma di Rest Area didalam Tol. Sampai rumah jam 12 malam. Wiihh...dibilang capek ya capek, tapi seru abis. Alhamdulillah punya anak-anak yang ga mabok perjalanan, yang doyan di jalan kayak mamanya, doyan tidur tepatnya.
Paginya ayah langsung berangkat dinas. Jadi terharu sendiri, demi kita si ayah rela capek2.
Alhamdulillah Jaza Kallohu khoiron ya Pak bos...
ditunggu liburan selanjutnya...
hehehe
NB: Mobil kita sempet dikencingin sama si Harimau..ahaha..seperti menandakan tempat kekuasaannya yak..
trus, next time, Ancol yuk ayaahh..mamak pengen liat aquarium raksasa..hmm..anak-anak juga. ahahaha..
Komentar