Piknik Komunitas Bestari : Pantai Tirtamaya
Hari ini merupakan hari yang melelahkan sekaligus menyenangkan buat saya. Hari ini, hari Senin, seperti biasa menjadi hari kumpul rutin Komunitas Bestari. Hanya saja minggu ini berbeda. Acara mingguan kali ini saya digilir sebagai Penanggung Jawab kegiatan serta acara. Sempat bingung ingin mengadakan kumpul dimana, sedang kalau dirumah saja sepertinya anak-anak cepat bosan, saya dan suami setuju mengangkat tema 'Piknik di Pantai' untuk kegiatan minggu ini yang kemudian langsung disambut ramai oleh teman-teman di group.
Sayangnya, hari ini kegiatan berjalan dengan tanpa formasi lengkap. Mba Widya harus secara mendadak ke Jakarta untuk mengurus surat pindah, Mba Yuni dan Mba Ratna yang sedang sakit, dan mba Rini yang baru kemarin minggu pulang dari Umroh dan ingin istirahat dulu. Jadilah hari ini hanya tim kak Enno, Teh Evie dan mba Cas yang datang. Awalnya saya pikir akan berasa sepi, ternyata salah besar. Baik anak-anak maupun ibu-ibunya tetap bisa menikmati kebersamaan kami dipinggir pantai.
Singkat cerita, kak Enno, mba Cas dan teh Evie berangkat dari Cirebon sekitar jam 8 pagi. Kami bertemu di pertigaan Karangampel untuk kemudian melanjut ke Pantai Tirtamaya yang jaraknya sekitar 6 km dari pertigaan tersebut. Cuaca di pantai hari ini menjadi kekhawatiran saya semenjak minggu lalu. Saya takut akan panas terik atau bahkan hujan. Namun alhamdulillahnya Alloh ridho pertemuan kali ini dengan memberikan cuaca yang sangat bersahabat. Berawan nyaris hangat, tidak terik sama sekali. Lautnya pun tenang, nyaris tanpa ombak.
Setelah menggelar tikar, anak-anak langsung berhamburan menuju air. Sebagian masih malu-malu kucing sembari membenamkan kaki dihangat-lembabnya pasir pantai. Anya? duduk manis disamping saya sembari memakan bekal piknik kami :) . Belum ingin main air katanya, namun berselang kemudian sudah duduk manis dipinggir garis pantai sembari bermain pasir basah.
Tidak terasa waktu berjalan, cuaca sejuk telah membuat kami seakan lupa waktu. 3 jam berasa hanya 30 menit. Tau-tau saja sudah Adzan dhuhur. Sempat malas-malasan akhirnya anak-anak mau juga diajak mentas. Kami kemudian melanjut menuju pantai Glayem, ingin menengok sebentar Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Kak Enno dan teh Evie rupanya tergoda belanja Seafood. Ahhh, sebenarnya saya pun tergoda hanya saja kemudian ingat kalo anak-anak ada alergi seafood, jadi cukuplah memandang saja, he.
Semakin siang, dan kali ini rombongan mampir ke rumah saya. Sejak awal memang saya sudah menyiapkan makan siang untuk mereka sekaligus menyiapkan tempat sholat juga istirahat sebentar. Dan baru tadi jam 3 sore, rombongan pamit. Anak- anak semua terlihat puas setelah seharian bermain bersama dan mengakhiri dengan tidur siang yang terbilang agak lama karena sampai sekarang belum juga bangun.
Berkegiatan dengan Komunitas Bestari membuat saya merasa tetap 'waras' menikmati perjalanan homeschooling keluarga kami. Sosialisasi pun bukan jadi masalah anak-anak ketika mereka tetap mendapatkannya dimana saja mereka berada. Hari ini saya belajar untuk semakin mengenali anak-anak saya. Bagaimana mereka bersosialisasi, berbaur dengan lingkungan baru, berbaur dengan teman-temannya, bernegosiasi dan banyak hal lain. Semoga hari ini membawa pengalaman berharga lagi untuk kalian ya, nak-anak mama sayang.
Bulan depan, agenda besarnya, Majalengka kan teh Evie? ;)
#ODOPfor99days #day6
Komentar