Aliran rasa game level 1 Bunda Sayang

Alhamdulillah..
1 level berhasil terlewati. 17 hari berhasil tercatat tanpa jeda.
Ini kali kedua saya mengikuti kelas Bunda Sayang, saya belajar untuk lebih konsisten di kelas Bunsay yang sekarang. Usaha sekali mempraktekan apa yang saya dapat dikelas.

Komunikasi produktif menjadi tema pembuka dikelas Bunda Sayang. Secara teori, saya sudah khatam ketika dulu mengikuti bunsay pertama, namun untuk praktek, hihi, saya mulai lagi dari awal.
Awalnya saya pikir akan tidak mudah menemukan kaidah komprod yang bisa saya laporkan di setoran rutin, namun ternyata saya salah. Untuk beberapa hari pertama, saya memang butuh kerja keras untuk menemukan situasi dimana saya bisa mempraktekkan kaidah komprod. Ternyata saya nya lah yang mempersulit diri dengan membatasi diri hanya seputar apa yang saya baca dimateri, padahal sebenarnya esensi yang diutamakan ialah perihal komunikasi. Sebagai manusia, sudah pasti kita menggunakan komunikasi ketika berhubungan dengan manusia lain.
Mencoba lepas dari frame yang saya buat, ternyata banyak kaidah komunikasi yang saya lakukan sehari-hari. Disanalah kemudian saya bisa dengan mudah menuliskan laporan-laporan saya.

Intinya, mulai saja. Tahu atau pun tidak, lakukan saja. Maka kita akan paham dengan sendirinya. Sebelumnya mungkin saya cuek dengan pola komunikasi dikeluarga kami. Namun, setelah mempelajari komunikasi produktif, saya 'dipaksa' untuk sensitif terhadap komunikasi yang saya lakukan dengan anak dan suami. Tentunya hal itu berimbas banyak dalam keluarga kami. Alhamdulillah. Harapannya, komunikasi produktif ini tidak hanya sebagai penebus laporan harian, namun akan terus bisa saya dan keluarga lakukan untuk seterusnya. Aamiiin.




#aliranrasa
#gamelevel1
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayIIP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meruntuhkan Label : Tidak Cinta Diri

berdamai dengan keadaan..

menyambut Baby T