tantrum
Anak ketiga saya, Shabia, cenderung agak lama untuk bisa bicara dengan jelas. Usianya kini nyaris 2,5 tahun, namun kejelasan bicaranya masih terbilang susah dimengerti. Saya pribadi lebih santai, karena selain masih dalam taraf normal, kakaknya yang kedua mengalami hal yang sama. Tapi, tantangan saya jadinya ialah memahami dan memahamkan Bia terhadap komunikasi kami.
Tidak memahami bahasanya, bukan berarti saya lantas tidak mengajaknya bicara. Saya rajin mengajaknya bicara, membacakan buku. Jadi, walau saya kurang paham maksudnya, ia alhamdulillah paham maksud saya :D
Siang ini ia menangis keras..Meminta chips yang dimakan kakak-kakaknya padahal ia belum selesai makan siang.
"Bia mau makan itu?"
dibalas anggukannya
"Makannya diselesaikan dulu yaa"
ternyata ia mulai menunjukkan tanda tantrum, tangisnya makin keras. Menarik-narik baju saya, dari gesturenya, ia mulai tidak sabar. Makanan yang saya suapkan ditampiknya.
ternyata ia mulai menunjukkan tanda tantrum, tangisnya makin keras. Menarik-narik baju saya, dari gesturenya, ia mulai tidak sabar. Makanan yang saya suapkan ditampiknya.
Oke
Sabar. Senyum. Tatap wajahnya.
"Bia, maaf ya, tapi kalo belum selesai makan, belum boleh makan itu"
Awalnya ia menangis. Namun kekuatan sabar si emak berhasil meluluhkannya. Yang saya lakukan hanyalah duduk manis disebelahnya. Tersenyum, dan tetap tanpa menyerah mengajaknya bicara, menarik perhatiannya, menawarkan makannya terus.
Awalnya ia menangis. Namun kekuatan sabar si emak berhasil meluluhkannya. Yang saya lakukan hanyalah duduk manis disebelahnya. Tersenyum, dan tetap tanpa menyerah mengajaknya bicara, menarik perhatiannya, menawarkan makannya terus.
Akhirnya, ia bisa menerimanya. Ia mengikuti saya ketika saya ajak ke kamar. Saya memang maksudkan untuk menjauhkan dari kakak-kakaknya yang asyik makan chip tersebut. Pada akhirnya, makanan selesai, ia malah terlupa akan chipsnya setelah saya ajak main tadi.
Jadi ga dikasih? tetap donk. mamak kadung janji :D
#hari9
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#gamelevel1
#kuliahbunsayIIP
Komentar