Malam kedua

Malam ini, menutup tugas tantangan di game level 1, saya ingin bercerita sekaligus membuat catatan perihal sapih Bia..
Dimulai kemarin malam, saya sudah kekeuh ikhlas (insya Alloh) untuk menyapih Bia. Paling berat ialah malam pertama. Berulang kali sounding ataupun tawaran menghibur ditolaknya mentah-mentah. Tak jarang, saking kesal pada saya, ia sempat mencubit saya sembari menangis. Ah, andai tidak dikuat-kuatkan, rasanya saya ingin ikut menangis dengannya. Mama belajar ikhlas, nak. Malam itu, saya baru tidur jam 12 malam..

Pagi ini, masih dengan strategi yang sama, ketika ia meminta menyusu, saya selalu menolak sembari mengingatkan bahwa ASI ini untuk adik bayi, sedang Bia sudah bukan bayi lagi. Saya titeni, ia menangis heboh hanya bila memasuki jam tidurnya (ia masih tidur 2x selain tidur malam dalam sehari). Dan tanpa menyusu, akhirnya tidur pagi dan siangpun di skip. Apa yang menjadi tantangan saya selain tangisannya, ialah rasa kantuk saya. Maklumkan, saya terbiasa tidur siang 😆.

Memasuki sore hari, Bia sudah lumayan bisa diajak bicara baik-baik. Mulai berkurang tangisnya ketika saya menolak menyusui. Saya rasakan jelas, walau tidak menyusu, ia terlihat tidak ingin berpisah dari saya. Ke kamar mandipun, saya ditangisi. Mungkin ia sadar, salah satu koneksi antara saya dan dia akan segera berakhir (menyusui) maka ia menggunakan dan memanfaatkan koneksi lain untuk dekat dengan saya. Maka hari ini, saya minta keridhoan kakak-kakak untuk bisa membiarkan saya lebih banyak menghabiskan waktu bermain dengan Bia daripada dengan mereka. Alhamdulillah lagi hari ini ayah libur, maka beliau bisa membantu menemani kakak-kakak agar saya bisa fokus dengan Bia.

Dan malam ini, malam kedua, Bia lebih mudah..jauh lebih mudah diajak bekerja sama. Tanpa tangisan ia mau menerima bahwa saya tidak menyusui ia lagi. Walau dengan raut wajah sedih, ia kemudian mengambil beberapa buku untuk saya bacakan padanya. Tidak seperti kemarin yang menghabiskan 14 buku, malam ini ia tertidur saat saya belum selesai membacakan buku kedua.

Tidur nyenyak nakkk😘😘





#hari17
#tantangan10hari
#gamelevel1
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayIIP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meruntuhkan Label : Tidak Cinta Diri

berdamai dengan keadaan..

menyambut Baby T